Ayo #SemangatNgeblog!

23 Nov 2014

Kapan terakhir posting artikel di blog pribadimu? Kapan juga terakhir kali kamu mengikuti temu blogger?

Judul dan pertanyaan pembuka ini bukan untuk menyerukan ayo #SemangatNgeblog atau bertanya-tanya kapan terakhir ngeblog? kepada kawan-kawanku. Tetapi lebih kepada saya pribadi. Pasalnya beberapa bulan terakhir ini saya mengalami lunturnya semangat menulis di blog. Bukan hanya menulis, melihat laman blog saja rasanya begitu berat sekali. Semakin menjauh, saya merasa semakin kehilangan motivasi untuk terus menyimpan sejarah perjalanan saya di blog yang mulai dibuat pada tahun 2011 lalu.

Terkadang kita berada di puncak tertinggi (baca:zona nyaman), terkadang juga kita berada dibawah jurang yang begitu curam. Bisa dibilang, saat ini saya tengah berada di tengah-tengah jurang dan berusaha ingin naik dari jurang curam tersebut. Bukannya gak berusaha untuk bisa kembali naik, tetapi alat bantu (baca:motivasi) terus saja mengalami pasang surut. Dimana satu titik, saya mulai merasa putus asa dan merasa gak pantas untuk kembali naik. Karena menganggap ngeblog itu bukan passion saya. Anggapan konyol tersebut, seolah-olah terus menghantui keseharianku.

Selama gak ngeblog, saya menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di twitter. Saya merasa lunturnya semangat menulis dengan jumlah karakter yang amat panjang. Saya alihkan ke jumlah karakter yang lebih pendek. Dengan jumlah 140 karakter twitter, saya tetap berusaha menginformasikan sesuatu maupun peristiwa yang dirasa itu penting untuk di bagikan kepada kawan-kawanku yang mengikuti saya.

77ce728e0ca779c053f8ce410764f308_untitled

Bahkan dengan kurun waktu yang lama, saya mendapat cibiran dari Asmarie (Seorang kakak yang mengajakku ngeblog dan mengenalkanku bagaimana medan ketika ingin menjadi blogger) akibat lalai menjaga konsistensi menulis di blog. Sebenarnya saat ini saya merasa malu, ketika masih ada yang menyimpan kepercayaannya kepadaku, bahwa saya adalah blogger Samarinda yang sangat aktif. Penegasan “Sangat Aktif” seolah tinggal kenangan dan menenggelamkan popularitasku yang sudah dibangun sejak awal semangat ngeblog. Tapi, saya ngeblog bukan untuk mengejar popularitas, saya ngeblog untuk menghubungkan banyak orang dengan informasi yang sudah saya tuliskan.

Dengan misi awal tersebut, saya mulai sadar dan perlahan mulai menemukan akal untuk berusaha naik dari jurang curam tersebut. Hari ini, saya merasa mereka (kawan-kawan blogger) menunggu gebrakanku selanjutnya. Dimana pada awal-awal ngeblog, saya begitu semangat mengumpulkan kawan-kawan blogger Samarinda untuk kopi darat. Alhasil dengan niat untuk mempersatukan blogger samarinda, mereka mulai saling kenal satu sama lain, tadinya cuma bisa kenal di kolom komentar atau lewat tulisan inspiratifnya. Sekarang sudah saling sapa di dunia nyata, tak jarang canda dan tawa mulai tergambarkan di wajahnya.

Melihat perjalanan ngeblog saya dari tahun 2011 sampai tahun 2014 ini, maka mulai hari ini saya akan #SemangatNgeblog lagi. Kalian boleh mencibir, memberi tanggapan sinis, bila sewaktu-waktu saya kembali jatuh ke lubang yang sama. Oke! Ayo #SemangatNgeblog.

Salam blogger


TAGS ngeblog celoteh blogdetik


-

Author

Follow Me